Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah kriteria ketuntasan belajar
yang ditentukan oleh satuan pendidikan yang mengacu pada standar kompetensi
kelulusan, dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik, karakteristik
muatan pelajaran, dan kondisi Satuan Pendidikan. KKM satuan pendidikan
dicantumkan dalam Dokumen I KTSP dan bersifat dinamis, artinya memungkinkan
mengalami perubahan sesuai dengan perkembangan proses pembelajaran. KKM dituliskan
dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 – 100 disertai deskripsi capaian
KD untuk setiap muatan pelajaran.
KKM Satuan
Pendidikan ditetapkan berdasarkan KKM muatan pelajaran setiap kelas yang telah
ditentukan oleh pendidik melalui rapat dewan guru.
Penentuan KKM
muatan pelajaran harus mempertimbangkan tingkat kemampuan rata-rata peserta didik (intake), kompleksitas materi, pendidik
dan daya dukung. Dengan demikian, penentuan KKM muatan pelajaran
merupakan kewenangan pendidik yang disetujui di tingkat Satuan Pendidikan
melalui rapat dewan guru. Oleh karena itu, memungkinkan KKM setiap
muatan pelajaran pada setiap kelas berbeda.
KKM
yang berbeda akan mengakibatkan interval predikat dan penentuan predikat yang
berbeda. Misalnya, muatan
pelajaran dengan KKM 75 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 75,
sedangkan KKM 60 maka predikat C (Cukup) dimulai dari nilai 60.
Berikut ini merupakan contoh prosedur penentuan KKM pada Satuan Pendidikan.
- Hitung jumlah Kompetensi Dasar (KD) setiap muatan pelajaran setiap kelas dalam satu tahun pelajaran
- Tentukan komponen-komponen yang termasuk aspek kompleksitas, intake, pendidik, dan daya dukung.
- Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek kompleksitas, antara lain jumlah KD dan karakterististik KD muatan pelajaran (misalnya, tingkat kesulitan KD).
- Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek intake, antara lain hasil observasi awal siswa, hasil belajar siswa dari tahun pelajaran sebelumnya, dan nilai hasil ujian sekolah dari tahun pelajaran sebelumnya.
- Komponen-komponen yang bisa dimasukkan aspek pendidik dan daya dukung, antara lain kompetensi pendidik (nilai UKG), rasio pendidik dan murid dalam satu kelas, akreditasi sekolah dan sarana prasarana sekolah.
- Tentukan nilai untuk setiap aspek melalui rapat dewan guru dengan ketentuan sebagai berikut:
b. Intake
Semakin tinggi nilai aspek intake maka nilai KKM semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah nilai aspek intake maka nilai KKM semakin rendah.
c. Pendidik dan Daya Dukung
Semakin tinggi nilai aspek pendidik dan daya dukung maka nilai KKM semakin tinggi. Sebaliknya, semakin rendah aspek pendidik dan daya dukung maka nilai KKM semakin rendah.
3. Tentukan nilai setiap aspek dengan skala 0 – 100.
4. Tentukan skor tiap aspek
dengan rumus:
5. Skor komponen = SKOR DIPEROLEH/100 X SCOR MAKSIMUM
Tentukan
KKM setiap KD dengan rumus:
KKM per KD = JUMLAH TOTTAL KKM PER KD / JUMLAH TOTAL KD
KKM per KD = JUMLAH TOTAL ASPEK/JUMLAH ASPEK
6. Tentukan KKM setiap muatan pelajaran dengan rumus: KKM per KD = JUMLAH TOTTAL KKM PER KD / JUMLAH TOTAL KD
Contoh
kriteria rentang nilai KKM menggunakan kategori
No
|
Aspek
|
Nilai
|
|||
Rendah
(0-25)
|
Sedang
(26-50)
|
Tinggi
(51-75)
|
Sangat
Tinggi
(76-100)
|
||
1
|
Kompleksitas
|
||||
2
|
Intake
|
||||
3
|
Pendidik
dan Daya Dukung
|
Keterangan:
Contoh perhitungan nilai untuk aspek pendidik dan daya dukung:
Misalkan, komponen-komponen yang
dimasukkan dalam aspek pendidik dan daya dukung (1) kompetensi pendidik (nilai
UKG); (2) rasio pendidik dan murid dalam satu kelas; (3) akreditasi sekolah dan
(4) sarana prasarana sekolah.
· Nilai rendah (0 – 25) jika
hanya satu dari komponen-komponen terpenuhi.
· Nilai sedang (26 – 50) jika ada
dua dari komponen-komponen terpenuhi.
· Nilai tinggi (51 – 75) jika ada
tiga dari komponen-komponen terpenuhi.
· Nilai sangat tinggi (76 – 100)
jika semua dari komponen-komponen terpenuhi.
Menentukan Rentang Predikat dan Deskripsi Nilai
Rentang predikat dapat
ditentukan berdasarkan KKM. Contoh rumus untuk
menentukan rentang predikat.
Rentang
Predikat = NILAI MAKSIMUM - KKM /3 CONTOH 100 - 70 / 3 =10
Keterangan: angka 3
diperoleh dari jumlah predikat selain D (A, B, dan C)
|
KKM akan membedakan predikat dan deskripsi nilai.
Contoh predikat dari KKM yang berbeda.
Tabel …. Contoh Rentang
Predikat Dari Beberapa KKM
KKM Satuan Pendidikan *)
|
Panjang
Interval
|
RENTANG PREDIKAT
|
|||
A (Sangat Baik)
|
B (Baik)
|
C (Cukup)
|
D (Perlu Bimbingan)
|
||
80
|
20/3=7
|
94
A≤100
|
87
B<94
|
80
C<87
|
D<80
|
75
|
25/3=8
|
91
A≤100
|
83
B<91
|
75
C<83
|
D<75
|
70
|
30/3=10
|
90
A≤100
|
80
B<90
|
70
C<80
|
D<70
|
65
|
35/3=12
|
89
A≤100
|
77
B<89
|
65
C<77
|
D<65
|
60
|
40/3=13
|
86
A≤100
|
73
B<86
|
60
C<73
|
D<60
|
55
|
45/3=15
|
85
A≤100
|
70
B<85
|
55
C<70
|
D<55
|
*) KKM Satuan Pendidikan
menggunakan angka KKM Muatan Pelajaran paling rendah/minimal.
a. Misalkan KKM 70, sedangkan capaian nilai
pengetahuan Arora 81, maka predikat dan deskripsi nilai Arora sebagai
berikut.
No
|
Muatan Pelajaran
|
Pengetahuan
|
Keterampilan
|
||||
Nilai
|
Predikat
|
Deskripsi
|
Nilai
|
Predikat
|
Deskripsi
|
||
…
|
|||||||
3
|
Bahasa
Indonesia
|
81
|
B
|
||||
…
|
Untuk menuliskan deskripsi rapor, dimulai dari menganalisis
capaian nilai KD tertinggi dan terendah. Berikut
disajikan tabel nilai KD pengetahuan muatan pelajaran Bahasa Indonesia.
Tabel……. Nilai
dan predikat KD Pengetahuan untuk muatan
pelajaran Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Nilai KD
|
|
3.1
|
Menjelaskan kegiatan persiapan membaca permulaan
(cara duduk wajar dan baik, jarak antara mata dan buku, cara memegang buku,
cara membalik halaman buku, gerakan mata dari kiri ke kanan, memilih tempat
dengan cahaya yang terang, dan etika membaca buku) dengan cara yang benar.
|
76
|
3.2
|
Mengemukakan kegiatan persiapan menulis permulaan
(cara duduk, cara memegang pensil, cara menggerakkan pensil, cara meletakkan
buku, jarak antara mata dan buku, pemilihan tempat dengan cahaya yang terang)
yang benar secara lisan.
|
83
|
3.3
|
Menguraikan lambang bunyi vokal dan konsonan dalam kata bahasa Indonesia atau bahasa
daerah
|
73
|
3.4
|
Menentukan kosakata tentang anggota tubuh dan
pancaindra serta perawatannya melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan,
slogan sederhana,
dan/atau syair lagu) dan eksplorasi lingkungan |
84
|
3.5
|
Mengenal kosakata tentang cara memelihara kesehatan
melalui teks pendek (berupa gambar, tulisan, dan slogan sederhana) dan/atau
eksplorasi lingkungan.
|
91
|
3.7
|
Menentukan kosakata yang berkaitan dengan peristiwa siang
dan malam melalui teks pendek (gambar, tulisan, dan/atau syair lagu) dan/atau
eksplorasi lingkungan
|
78
|
3.8
|
Merinci ungkapan penyampaian terima kasih,
permintaan maaf, tolong, dan pemberian pujian, ajakan, pemberitahuan,
perintah, dan petunjuk kepada orang lain dengan menggunakan bahasa yang
santun secara lisan dan tulisan yang dapat dibantu dengan kosakata bahasa
daerah
|
85
|
3.9
|
Merinci kosakata dan ungkapan perkenalan diri,
keluarga, dan orang-orang di tempat tinggalnya secara lisan dan tulis yang dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah.
|
85
|
3.10
|
Menguraikan kosakata hubungan kekeluargaan melalui
gambar/bagan silsilah keluarga dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah.
|
80
|
3.11
|
Mencermati puisi anak/syair lagu (berisi ungkapan
kekaguman, kebanggaan, hormat kepada orang tua, kasih sayang, atau persahabatan) yang diperdengarkan dengan tujuan untuk kesenangan. |
75
|
Keterangan: KD di atas
hanya sebagai contoh, apabila terjadi perubahan, KD disesuaikan dengan peraturan
yang berlaku.
HASIL REVISI APLIKASI RAPORT FUUL DESIGN SILAKAN DOWNLOAD DISNI
0 komentar:
Posting Komentar