Pages

Sabtu, 10 Desember 2016

ALAT BANTU PENGISIAN RAPORT K13 THN 2016 ( FINISH)

cover
Sejak di susun, aplikasi pengolah nilai dan penyusunan raport telah beberapa kali mengalami perubahan. Versi sebelumnya:
  1. 2016.11.18
  2. 2016.11.20
  3. 2016.11.29 (perbaikan penghitungan nilai akhir dan penghilangan barcode)
Saat ini telah terbit versi hasil revisi terbaru, yakni versi 2016.12.03. Apa yang baru di versi 2016.12.03?
  1. Barcode, baik pada menu Raport per Siswa dan menu Raport per 10 Siswa telah dihilangkan;
  1. Perbaikan penghitungan Nilai Penilaian Harian (NPH) pada tiap KD;
  1. Rumusan kompetensi dasar yang disederhanakan;
Bagaimana kalau diantara bapak/ibu dan atau guru sasaran telah melakukan input data pada aplikasi versi sebelumnya, apakah harus lakukan input ulang pada aplikasi hasil revisi? Iya, pakai cara mudah tanpa harus ketik ulang, yaitu dengan cara copy data di aplikasi versi sebelumnya lalu paste datanya ke aplikasi yang baru.
menu-utama
FAQ:
  1. Saya coba lakukan pencetakan, tapi kenapa hasil cetakan terpotong, tidak sesuai dengan tampilan Print Preview. Ini terjadi diakibatkan karena aplikasi di buka pada MS Office Excel versi 2007. Solusinya, disarankan memanfaatkan MS Office Excel versi 2010, 2013, atau 2016;
  2. Saya sudah lakukan input data pada aplikasi, lalu saya close. Beberapa saat kemudian saya buka lagi aplikasinya, kok datanya kosong lagi, kenapa ya? Pertama, bisa jadi lupa di save. Cara savenya seperti biasa memanfaatkan MS Excel dengan klik File > Save atau Ctrl+S. Kedua, bisa juga diakibatkan oleh tidak dilakukan proses extract file dari folder zip/rar, sehingga ketika setelah diisikan, data tidak tersimpan. Harusnya, file di extract terlebih dahulu setelah itu isikan data pada file hasil extract dalam bentuk MS Excel. Ketiga, ini barangkali yang banyak terjadi, ketika Alat Bantu pertama kali di buka Bapak/Ibu mengabaikan Security Warning dengan tidak mengklik enable content. Harusnya ketika muncul warning tersebut enable content di klik.
  3. Apakah semua kolom nilai yang tersedia pada aplikasi harus di isi? Tidak! Hanya isi kolom-kolom yang berdasarkan program semester dan pemetaan KD, KD tersebut muncul dan diajarkan di semester ini.
  4. Untuk mapel PPKn, saya sudah isikan nilai keterampilan KD 4.1, 4.2, dan 4.4. Ketika lihat di raport deskripsinya sama antara yang tertinggi dan terendah, kenapa ya? Lihat kembali apakah nilai akhir yang diisikan pada tiap KD sama atau berbeda, bisa jadi itu diakibatkan oleh nilai yang diisikan pada semua KD sama.
  5. Bisa gak barcodenya dihilangkan? Barcode sebetulnya berisi pernyataan copyright. Namun demikian, baiklah saya hilangkan. Pada versi sebelumnya (2016.12.29) sebetulnya barcode pada menu Raport per 10 Siswa sudah dihilangkan, halaman ini diperuntukan untuk proses pencetakan. Sehingga, jika proses pencetakan memanfaatkan fitur ini dipastikan barcode sudah tidak ada. Tapi, ternyata masih banyak yang melakukan proses pencetakan pada halaman Raport per Siswa, ketika melakukan cetak melalui menu ini, iya benar barcode masih ada. Pada versi 2016.12.03 ini semua barcode baik dari menu Raport per Siswa ataupun menu Raport per 10 Siswa telah dihilangkan.
  6. Mau tanya rumus excel seperti yang kang Edi buat di aplikasi raport K13 penggunaan rumusnya pakai fungsi IF ditambah apa lagi kang? Boleh share ilmunya? Terima kasih sebelumnya. Boleh, tapi kayaknya gak akan jelas kalau dijelaskan via whatsapp/sms/telepon, penjelasannya akan panjang dan perlu praktik.
  7. “Pa sy mau tnya bagaimana cara mengganti nm bp sm fotonya⁠⁠⁠⁠?” Hihihi… jawabnya senyum aja deh ….
data-dasar
Di bawah ini video tutorial Alat Bantu Pengolah Nilai dan Penyusunan Raport K13 SD:

0 komentar: