Kelas
Maya merupakan salah satu fitur di portal Rumah Belajar yang dibangun untuk
menghadapi tantangan pendidikan abad 21 ini yaitu pendidikan dengan proses
pembelajaran yang interdisiplin dan holistik; mampu menyelesaikan dan
beradaptasi dengan berbagai permasalahan; proses belajar mengajar berpusat pada
siswa, partisipatif, dan interaktif; berbasis penelitian dan berorientasi
kerja; koheren, progresif, dan bercermin pada lingkungan. Proses pembelajaran
ini dapat dijalankan apabila didukung
dengan pemanfaatan TIK sebagai alat bantu.
Peran guru dalam proses pembelajaran yang
mengintegrasikan TIK diharapkan sebagai fasilitator, kolaborator, mentor,
pelatih, pengarah dan teman belajar serta dapat memberikan pilihan dan tanggung
jawab yang besar kepada siswa untuk mengalami peristiwa belajar. Sementara itu,
peran siswa dalam proses pembelajaran yang mengintegrasikan TIK memungkinkan
siswa menjadi partisipan aktif; menghasilkan dan berbagi (sharing) pengetahuan/keterampilan serta berpartisipasi sebanyak
mungkin sebagaimanalayaknya seorang ahli, belajar secara individu dan
berkolaboratif dengan siswa lain. Semua proses pembelajaran tersebut,
disediakan dalam Kelas Maya Rumah Belajar.
Ada dua hal yang perlu dilakukan guru di Kelas Maya,
yaitu membuat materi ajar dan mengelola kelas maya. Untuk melakukan kedua hal
tersebut, guru dapat mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan di dalam buku
panduan ini.
A. LOGIN
Langkah pertama yang harus dilakukan
guru untuk masuk ke Kelas Maya yakni
mendaftarkan diri sebagai guru di Kelas Maya dengan mengakses aplikasi Rumah
Belajar Kelas Maya, pada alamat berikut: http://belajar.kemdikbud.go.id/kelasmaya. Pendaftaran dilakukan pada menu
login yang muncul pada halaman muka, yang akan ditemui oleh pengguna saat
pertama kali dengan tampilan sebagai berikut:
Jika guru sudah pernah mendaftar, maka
ikuti langkah berikut untuk membuka kelas maya:
2. Masukkan username dan password pada
kolom yang disediakan, lalu klik tombol “Masuk”
B. REGISTRASI
Menu Registrasi merupakan menu yang
dapat diakses langsung dari halaman login, untuk anonymous user (pengguna yang tidak dikenal atau pengguna baru) yang
ingin melakukan registrasi ke dalam aplikasi, yaitu untuk mendaftar sebagai
guru atau mendaftar sebagai siswa. Ikuti langkah-langkah berikut:
2. Klik tombol “Daftar Sekarang! Gratis!”
3. Halaman pilihan registrasi yang muncul
adalah seperti pada gambar berikut.
Registrasi Guru
4. Klik “Daftar Sebagai Guru” untuk
mendaftar sebagai guru.
5. Lengkapi data asal Provinsi,
Kabupaten, Jenjang, dan Sekolah, lalu klik tombol “Simpan Pilihan”
6. Lengkapi data Nama Depan, Nama
Belakang, NUPTK, Username, Password, dan konfirmasi password, lalu klik tombol
“Daftar”
7. Tunggu selama beberapa saat hingga
akun Anda selesai dipersiapkan, lalu lakukan login kembali ke dalam aplikasi
Rumah Belajar Kelas Maya dengan akun yang baru.
8. Setelah login berhasil dilakukan,
tandai mata pelajaran yang diajar, lalu klik tombol “Simpan Pilihan”
C. HALAMAN AWAL
Halaman awal muncul setelah pengguna
berhasil melakukan login sebagai guru, berisi daftar materi ajar dan kelas maya
yang telah dibuat, seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut.
1.
Untuk memilih materi ajar yang diinginkan, klik tombol Kelola Materi Ajar kemudian klik salah satu Materi Ajar yang diinginkan. Mata
pelajaran yang sudah dipilih akan muncul pada halaman awal ini.
2.
Jika guru belum membuat kelas maya, maka pada kolom Kelas Maya yang Diajar belum ada daftar
kelas maya. Jika kelas maya sudah dibuat, maka pada kolom ini akan muncul
daftar kelas maya. Untuk membuka kelas maya, Klik salah satu Kelas Maya yang diinginkan (yang
terdapat pada daftar kelas maya) untuk
langsung menuju halaman Kelola Kelas Maya yang bersangkutan.
BAB 2 MATERI AJAR
Menu
Materi Ajar berisi halaman untuk mulai membuat materi ajar yang baru atau
mengelola materi ajar yang telah dibuat.
A.
Membuat Materi Ajar
1.
Untuk
membuat materi ajar, klik menu Materi Ajar.
2.
Pilih
Mata Pelajaran yang ingin dibuat materi ajarnya.
3.
Selanjutnya
akan muncul preview daftar topik yang tersedia untuk mata pelajaran tersebut.
Klik tombol “Buat Materi Ajar Ini” untuk membuat materi ajar.
4.
Dari
jendela konfirmasi yang muncul, klik OK untuk melanjutkan.
5.
Di
halaman selanjutnya, yaitu halaman Ubah Materi Ajar, nama dari Materi Ajar
secara default adalah sama dengan
nama mata pelajaran. Anda dapat melakukan perubahan untuk judul nama materi
ajar maupun deskripsi dari mata pelajaran tersebut. Klik tombol Simpan untuk
menyimpan.
6.
Status
publikasi bisa dicentang jika
guru telah selesai membuat seluruh konten materi ajar pada topik yang
dipilihnya dan ingin agar siswa dapat melihat materi ajar tersebut. Secara default, status publikasi berada dalam kondisi tidak tercentang.
7.
Tombol
Kelola Ujian adalah fitur untuk guru
jika sudah ingin membuat soal ujian untuk materi yang sudah
dipilih, untuk ujian evaluasi
pembelajaran satu semester atau tergantung jumlah topik yang diisi konten materi
oleh guru.
8.
Tombol Kelola
Penilaian merupakan fitur
yang digunakan guru untuk menentukan bobot atau presentase nilai ujian dan
nilai topik.
9.
Tombol Daftar
Nilai berisi daftar peserta didik yang sudah mengerjakan ujian dan
menyelesaikan topik yang dipilihnya.
10. TopikAjar berisi daftar topik yang
bisa diisi oleh guru dengan konten materi ajar yang diinginkan. Klik salah satu
topik yang ingin dibuat Modul Ajarnya. Guru dapat memilih lebih dari satu
topik untuk diisi materi ajar secara lengkap.
B. Mengelola Rencana Pembelajaran
Rencana
pembelajaran merupakan kontrak belajar yang akan dibaca siswa pada saat pertama
kali memilih mata pelajaran pada guru yang diinginkan. Setelah guru memilih
topik yang ingin diisi materi ajarnya, akan muncul tampilan berikut:
Terdapat
4 (empat) alur yang harus diisi oleh guru. Untuk menulis deskripsi pada setiap
alur, klik tombol Ubah, kemudian
tuliskan deskripsi yang diinginkan.
1.
Pengantar
: berisi tujuan mempelajari
topik, apersepsi tentang topik yang akan dipelajari dan kuis yang terkait,
serta arahan kepada siswa untuk membaca petunjuk belajar sebelum mulai membaca
materi ajar.
2.
Kegiatan
Awal : berisi
penjelasan tentang materi awal yang
terdapat pada modul ajar, serta petunjuk belajar yang harus diikuti siswa
setelah membaca materi pada modul ajar.
3.
Kegiatan
Inti : berisi
penjelasan tentang materi ajar yang lebih lengkap, serta petunjuk belajar yang
harus diikuti siswa setelah membaca materi pada modul ajar.
4.
Kegiatan
Akhir : berisi penjelasan tentang umpan balik, evaluasi, dan
tugas/proyek yang akan diberikan dalam modul ajar.
Tombol Aktifkan digunakan oleh guru jika topik yang dipilih
guru sudah terisi secara lengkap hingga pengisian latihan. Setelah tombol
diaktifkan, maka siswa dapat melihat materi ajar yang ditulis oleh guru. Jika sudah ada siswa yang mengikuti kelas
maya dan memilih materi ajar ini, maka tombol Non Aktifkan tidak akan berfungsi.
C. Mengelola Modul Ajar
Langkah selanjutnya setelah melakukan
pengisian pada Rencana Pembelajaran
adalah mengisi Modul Ajar. Untuk
mengisi Modul Ajar, ikuti
langkah-langkah berikut:
2. Modul Ajar terdiri atas beberapa tahap
materi modul ajar yang harus diisi, antara lain: Identitas,
Pengantar, Kegiatan Awal,
Kegiatan Inti, dan Kegiatan Akhir.
3. Klik salah satu tahap tersebut, lalu
mulailah mengisi layar editor yang tersedia dengan konten yang diinginkan, lalu
klik tombol “Simpan”.
4. Tombol Tampilkan Preview digunakan untuk melihat tampilan modul ajar pada
layar siswa.
5. Tombol Aktifkan digunakan untuk mengaktifkan modul ajar yang sudah diisi
materi ajar secara lengkap. Dengan mengaktifkan modul ajar ini, maka siswa
dapat melihat modul ajar yang sudah dibuat oleh guru.
-
Pada bagian Identitas
terdapat dua kolom yang harus diisi yakni Indikator Pencapaian
Kompetensi dan Deskripsi. Kedua kolom ini harus diisi, karena akan dibaca oleh
siswa pada halaman awal Materi Belajar dan Kelas Maya.
-
Pengantar, diisi dengan tujuan pembelajaran,
apersepsi (bisa disertai dengan media, seperti: gambar, animasi, maupun video),
serta petunjuk belajar.
-
Kegiatan
Awal, diisi dengan materi pembuka sesuai dengan indikator atau
tujuan pembelajaran yang sudah dituliskan sebelumnya, serta petunjuk belajar
yang mengarahkan siswa pada diskusi 2-2 di kelas maya. Deskripsi materi dapat disertai dengan
media, seperti: gambar, animasi, maupun video.
-
Kegiatan
Inti, diisi dengan materi pelengkap atau materi inti sesuai
dengan tujuan pembelajaran yang telah dituliskan sebelumnya, serta petunjuk
belajar yang mengarahkan siswa pada diskusi 4-4 di kelas maya. Deskripsi materi dapat disertai dengan
media, seperti: gambar, animasi, maupun video.
-
Kegiatan Akhir, berisi kesimpulan materi yang telah
diberikan serta petunjuk belajar yang mengarahkan siswa untuk mengerjakan tugas
dan latihan.
6. Anda juga dapat menambahkan file-file
tambahan untuk melengkapi modul ajar yang dibuat, melalui panel Koleksi
Pribadi, Katalog Media, dan Tautan.
a. Koleksi Pribadi
Koleksi Pribadi adalah panel untuk
mengunggah dan mengelola file-file pribadi dari komputer Anda ke Aplikasi Rumah
Belajar Kelas Maya.
1)
Klik
panel “Koleksi Pribadi” dan tombol “Kelola” di dalam panel Koleksi Pribadi,
sehingga muncul jendela kelola koleksi pribadi, seperti yang ditunjukkan pada
gambar berikut.
2)
Klik
tombol “Unggah Koleksi Pribadi” untuk menggunggah file. Lengkapi nama file dan pilih dokumen yang tersedia dalam
komputer/laptop yang akan diunggah, kemudian klik tombol “Unggah”.
3)
Tutup
jendela Kelola Koleksi Pribadi untuk kembali ke halaman Modul Ajar.
4)
Tarik
dengan mouse nama file dari panel Koleksi Pribadi lalu lepaskan di atas konten
layar editor yang diinginkan.
b. Media Lainnya
Media lainnya merupakan
panel yang berisi media-media yang sudah diunggah oleh guru-guru lain pada mata
pelajaran yang sama.
1)
Klik
panel “ Media Lainnya”, sehingga muncul daftar media yang sudah diunggah oleh
guru lain dengan mata pelajaran yang sama. Seperti yang terlihat pada gambar
berikut:
2)
Tarik
dengan mouse nama file yang ingin disisipkan pada materi, lalu lepaskan di atas
konten layar editor yang diinginkan.
c. Tautan
Tautan adalah panel untuk mendaftarkan
alamat-alamat tautan yang berhubungan dengan materi dari modul ajar yang sedang
dibuat, sebagai bahan bacaan referensi.
1)
Klik
panel “Tautan” dan tombol “Kelola” di dalam panel Tautan, sehingga muncul
jendela kelola Tautan seperti pada gambar berikut.
2)
Klik
tombol “Tambah Baru”
3)
Lengkapi
nama, link, dan nomor urut dari tautan yang ingin dimasukkan, lalu klik tombol
Simpan.
4)
Tarik
dengan mouse nama tautan yang diinginkan, lalu lepaskan di atas konten layar
editor yang diinginkan.
5)
Klik
tombol “Tampilkan Preview” untuk melihat tampilan preview dari modul ajar yang dibuat. Klik tombol “Tampilkan Editor”
untuk kembali ke layar editor.
D. Mengelola Latihan
Latihan adalah aktivitas berupa
soal-soal yang dapat dijawab oleh siswa secara mandiri, ketika siswa tersebut
membaca suatu Modul Ajar di Materi Belajar.
1. Klik menu “Latihan” untuk mulai
membuat dan mengelola soal-soal latihan.
2. Soal-soal latihan dapat dibuat dalam
bentuk beberapa jenis paket soal. Paket-paket soal akan diacak sehingga setiap
siswa mengerjakan paket soal secara random dari daftar paket soal yang sudah
dibuat oleh guru. Jumlah soal pada masing-masing paket tidak dibatasi, sesuai
dengan kebutuhan guru.
3. Klik tombol “Buat Paket Soal Latihan”
pada paket soal yang diinginkan, untuk mulai membuat paket soal latihan.
4. Jenis soal terbagi menjadi tiga,
yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan Menjodohkan. Guru dapat membuat
soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan.
5. Untuk membuat soal pilihan ganda, klik
menu “Pilihan Ganda” dan klik tombol “Tambah Soal Pilihan Ganda”.
6. Isilah kolom-kolom yang muncul,
mencakup: Stimulus (bersifat opsional, boleh diisi boleh tidak), Pertanyaan,
Jawaban Benar, Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3 (bersifat opsional, boleh diisi
boleh tidak); lalu klik tombol “Simpan”.
-
Stimulus: dapat berupa paragraf, gambar atau
tabel yang menunjang pertanyaan. Jika soal yang akan ditulis tidak memerlukan
hal-hal tersebut, maka guru bisa langsung menulis pertanyaan pada kolom
pertanyaan. Perhatikan contoh stimulus berikut ini:
-
Pertanyaan: ditulis dengan pokok pertanyaan atau
soal yang akan ditampilkan.
-
Jawaban benar: ditulis dengan pilihan jawaban yang
dianggap benar.
-
Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3: ditulis dengan pilihan jawaban lain
sebagai pengecoh.
7. Untuk membuat soal Benar atau Salah,
klik menu “Benar Salah” dan klik tombol “Tambah Soal Benar Salah”.
8. Lakukan pengisian kolom-kolom yang
diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal ini yaitu: Stimulus,
Pertanyaan, Jawaban benar (apakah yang benar Jawaban 1 atau Jawaban 2), Jawaban
1, Jawaban 2.
-
Stimulus: dapat berupa paragraf, gambar atau
tabel yang menunjang pertanyaan. Jika soal yang akan ditulis tidak memerlukan
hal-hal tersebut, maka guru bisa langsung menulis pertanyaan pada kolom
pertanyaan.
-
Pertanyaan: diisi dengan kalimat pernyataan yang
mudah dipahami oleh siswa.
-
Jawaban benar: jika yang benar Jawaban 1 maka
tuliskan benar/salah sesuai dengan kalimat pernyataan yang ditulis pada kolom
pertanyaan. Misalnya: jika kalimat pernyataan adalah salah, maka pada Jawaban 1
dituliskan “Salah” dan pada Jawaban 2 dituliskan “Benar”.
9. Untuk membuat soal Menjodohkan, klik
menu “Menjodohkan” dan klik tombol “Tambah Soal Menjodohkan”.
10. Lakukan pengisian kolom-kolom yang
diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal ini yaitu: Stimulus,
Pertanyaan, Pilihan, Pasangan, dan Pengecoh.
11. Lakukan secara berulang pembuatan soal
sebanyak jumlah soal yang diinginkan, pada jenis soal yang diinginkan.
12. Klik tombol “Publikasikan” untuk
mempublikasikan paket soal tersebut ke dalam daftar soal latihan yang akan diacak
untuk dikerjakan oleh siswa.
E. Mengaktifkan Topik Materi Ajar
1. Setelah selesai membuat konten modul
ajar dan soal latihan untuk salah satu topik materi ajar, Anda dapat
mengaktifkan topik tersebut, untuk menandai bahwa topik itu akan muncul di
layar siswa yang ingin melihat materi ajar yang Anda buat.
F. Mempublikasikan Materi Ajar
1. Jika Anda telah selesai mengisi
seluruh konten Modul Ajar untuk semua topik yang ada di Materi Ajar Anda, maka
Anda sudah bisa mempublikasikan Materi Ajar yang Anda buat, sehingga Materi
Ajar tersebut dapat terlihat oleh Siswa dan dapat diikuti oleh Siswa.
2. Kembali ke halaman Ubah Materi Ajar,
centang kolom “Publikasikan”
3. Klik tombol “Simpan”
BAB 3 MEMBUAT KELAS MAYA
Menu Kelas
Maya berisi halaman untuk mulai membuat kelas maya yang baru atau mengelola kelas
maya yang telah dibuat.Kelas Maya hanya dapat dibuat jika guru sudah membuat
Materi Ajar untuk Mata Pelajaran yang ingin dibuat kelas mayanya, dan Materi
Ajar tersebut harus sudah memiliki status terpublikasi.
A. Membuat Kelas Maya
1. Untuk membuat kelas maya, klik menu Kelas
Maya.
2. Pilih Mata Pelajaran yang ingin dibuat
kelas mayanya. Pastikan Anda sudah membuat Materi Ajar untuk Mata Pelajaran
tersebut.
3. Selanjutnya akan muncul preview daftar
kelas maya yang sudah Anda buat untuk mata pelajaran tersebut. Klik tombol
“Buat Kelas Baru” untuk membuat kelas maya.
4. Lengkapi formulir yang muncul dengan informasi
kelas maya yang ingin dibuat, lalu klik tombol “Buat Kelas Baru”.
B. Mengubah Detail Kelas Maya
1. Klik kelas maya yang baru saja
berhasil dibuat. Klik tombol “Ubah Detail Kelas” untuk mengubah informasi
detail kelas maya.
C. Menutup Kelas Maya
1. Jika dikarenakan suatu hal, Anda tidak
jadi mengelola kelas maya yang baru saja Anda buat, Anda dapat menutup kelas
tersebut dengan cara mengklik tombol “Tutup Kelas Ini”.
2. Anda hanya dapat menutup suatu kelas
maya dengan syarat bahwa kelas maya tersebut belum pernah dimulai (dengan kata
lain, tanggal saat ini masih kurang dari tanggal dimulainya kelas maya tersebut).
D. Mengelola Kelas Maya
1. Klik tombol “Kelola Kelas Ini” untuk
mulai mengelola kelas maya tersebut.
2. Daftar topik yang muncul di halaman
Daftar Topik Kelas Maya adalah semua topik yang sudah Anda aktifkan ketika Anda
membuatnya di Materi Ajar. Secara default, topik tersebut dalam keadaan
terkunci (dilambangkan dengan gambar gembok), dengan kata lain siswa tidak bisa
membuka isi dari topik tersebut, sampai Anda membuka kuncinya.
3. Klik topik yang ingin dikelola, maka
akan muncul tampilan berikut:
a. Mengelola Kuis
Kuis adalah aktivitas berupa soal-soal
yang harus dijawab oleh siswa, sebelum siswa tersebut dapat melanjutkan membaca
modul berikutnya. Pemberian kuis dikaitkan dengan Pengantar yang sudah dituliskan oleh guru pada Modul Ajar.
1)
Klik
menu “Kuis” untuk mulai mengelola Kuis.
2)
Klik
tombol “Kelola Soal Kuis” untuk membuat soal-soal kuis.
3)
Jenis
soal terbagi menjadi tiga, yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan
Menjodohkan. Guru dapat membuat soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan.
4)
Untuk
membuat soal pilihan ganda, klik menu “Pilihan Ganda” dan klik tombol “Tambah
Soal Pilihan Ganda”.
5)
Isilah
kolom-kolom yang muncul, mencakup: Stimulus (bersifat opsinal, boleh diisi
boleh tidak), Pertanyaan, Jawaban Benar, Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3
(bersifat opsional, boleh diisi boleh tidak); lalu klik tombol “Simpan”.
6)
Untuk
membuat soal Benar atau Salah, klik menu “Benar Salah” dan klik tombol “Tambah
Soal Benar Salah”.
7)
Lakukan
pengisian kolom-kolom yang diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal
ini yaitu: Stimulus, Pertanyaan, Jawaban benar (apakah yang benar Jawaban 1
atau Jawaban 2), Jawaban 1, Jawaban 2.
8)
Untuk
membuat soal Menjodohkan, klik menu “Menjodohkan” dan klik tombol “Tambah Soal
Menjodohkan”.
9)
Lakukan
pengisian kolom-kolom yang diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal
ini yaitu: Stimulus, Pertanyaan, Pilihan, Pasangan, dan Pengecoh.
10) Lakukan secara berulang pembuatan soal
sebanyak jumlah soal yang diinginkan, pada jenis soal yang diinginkan.
11) Klik tombol “Kembali”.
12) Klik tombol “Aktifkan” untuk
mengaktifkan soal kuis yang telah dibuat, sehingga dapat dilihat oleh Siswa.
b. Mengelola Diskusi 2-2
Diskusi 2-2 adalah aktivitas diskusi
antar siswa yang melibatkan 2 orang siswa di dalam satu kelompok, dimana
pasangan kelompok ini dipilih oleh system. Pertanyaan pada diskusi 2-2 terkait
dengan materi yang dituliskan pada Kegiatan Awal di Modul Ajar.
1)
Klik
menu “Diskusi 2-2” untuk mulai mengelola Diskusi 2-2.
2)
Klik
tombol “Kelola Pertanyaan” untuk membuat soal yang akan didiskusikan siswa di
aktivitas Diskusi 2-2.
3)
Klik
tombol “Tambah Pertanyaan” untuk membuat pertanyaan diskusi.
4)
Tulis
soal yang ingin didiskusikan di dalam diskusi 2-2 pada editor yang disediakan,
lalu klik tombol Simpan.
5)
Jika
ingin membuat soal lain, klik kembali tombol “Tambah Pertanyaan” dan ulangi
langkah di atas. Paket-paket soal yang telah dibuat akan didistribusikan secara
acak oleh sistem, sehingga masing-masing kelompok akan mendapatkan satu paket pertanyaan
diskusi secara acak. Jika guru hanya membuat satu jenis paket pertanyaan
diskusi saja, maka semua kelompok akan mendapatkan paket pertanyaan diskusi
yang sama.
c. Mengelola Diskusi 4-4
Diskusi 4-4 adalah aktivitas diskusi antar
siswa yang melibatkan 4 orang siswa di dalam satu kelompok, dimana nama-nama
siswa tersebut sudah dikelompokkan oleh sistem. Topik diskusi atau pertanyaan
yang diberikan pada Diskusi 4-4 dikaitkaitkan dengan materi yang dituliskan
guru pada Kegiatan Inti dalam Modul Ajar.
1)
Klik
menu “Diskusi 4-4” untuk mulai mengelola Diskusi 4-4.
2)
Klik
tombol “Kelola Pertanyaan” untuk membuat soal yang akan didiskusikan siswa di
aktivitas Diskusi 4-4.
3)
Klik
tombol “Tambah Pertanyaan” untuk membuat pertanyaan diskusi.
4)
Tulis
soal yang ingin didiskusikan di dalam Diskusi 4-4 pada editor yang disediakan,
lalu klik tombol Simpan.
5)
Jika
ingin membuat soal lain, klik kembali tombol “Tambah Pertanyaan” dan ulangi
langkah di atas. Paket-paket soal yang telah dibuat akan didistribusikan secara
acak oleh sistem, sehingga masing-masing kelompok akan mendapatkan satu paket
pertanyaan diskusi secara acak. Jika guru hanya membuat satu jenis paket
pertanyaan diskusi saja, maka semua kelompok akan mendapatkan paket pertanyaan
diskusi yang sama.
d. Mengelola Tugas Proyek
Tugas Proyek adalah aktivitas yang
dilakukan siswa berupa tugas untuk melakukan proyek yang berkaitan dengan topik
yang dibahas pada Kelas Maya, baik bersifat individu maupun kelompok,
tergantung kebutuhan guru.
1)
Klik
menu “Proyek” untuk mulai mengelola Artikel.
2)
Buatlah
soal di dalam editor yang telah disediakan, lengkapi tanggal deadline, lalu
klik tombol “Simpan”.
E. Membuka Kunci Topik Kelas Maya
1. Setelah selesai membuat konten soal-soal
untuk aktivitas kelas maya dan sudah ingin memperlihatkan isi topik itu kepada
Siswa, Anda dapat membukakunci dari topik tersebut, dengan mengklik tombol
“Buka Kunci”
F. Membuat Ujian Semester
1. Setelah selesai membuat konten
aktivitas di setiap topik Kelas Maya, Anda dapat mengelola Ujian Semester, yang
berisi daftar soal ujian yang akan dikerjakan oleh Siswa di akhir semester.
2. Pada halaman yang berisi Daftar Topik
Kelas Maya, klik tombol “Kelola Ujian Semester” yang terletak di sebelah kanan.
3. Masukkan jumlah soal ujian yang ingin
dibuat dan durasi pengerjaannya dalam satuan menit, lalu klik tombol Simpan.
4. Soal-soal ujian semester dapat dibuat
dalam bentuk beberapa jenis paket soal. Paket-paket soal akan diacak sehingga
setiap siswa mengerjakan paket soal secara random dari daftar paket soal yang
sudah dibuat oleh guru. Jumlah soal pada masing-masing paket tidak dibatasi,
sesuai dengan kebutuhan guru.
5. Klik tombol “Buat Paket Soal Ujian”
pada paket soal yang diinginkan, untuk mulai membuat paket soal ujian.
6. Jenis soal terbagi menjadi tiga,
yaitu: Pilihan Ganda, Benar atau Salah, dan Menjodohkan. Guru dapat membuat
soal dengan jenis manapun, sesuai dengan kebutuhan.
7. Untuk membuat soal pilihan ganda, klik
menu “Pilihan Ganda” dan klik tombol “Tambah Soal Pilihan Ganda”.
8. Isilah kolom-kolom yang muncul,
mencakup: Stimulus (bersifat opsinal, boleh diisi boleh tidak), Pertanyaan,
Jawaban Benar, Jawaban 1, Jawaban 2, Jawaban 3 (bersifat opsional, boleh diisi
boleh tidak); lalu klik tombol “Simpan”.
9. Untuk membuat soal Benar atau Salah,
klik menu “Benar Salah” dan klik tombol “Tambah Soal Benar Salah”.
10. Lakukan pengisian kolom-kolom yang
diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal ini yaitu: Stimulus,
Pertanyaan, Jawaban benar (apakah yang benar Jawaban 1 atau Jawaban 2), Jawaban
1, Jawaban 2.
11. Untuk membuat soal Menjodohkan, klik
menu “Menjodohkan” dan klik tombol “Tambah Soal Menjodohkan”.
12. Lakukan pengisian kolom-kolom yang
diperlukan untuk membuat soal benar salah, dalam hal ini yaitu: Stimulus,
Pertanyaan, Pilihan, Pasangan, dan Pengecoh.
13. Lakukan secara berulang pembuatan soal
sebanyak jumlah soal yang diinginkan, pada jenis soal yang diinginkan.
14. Klik tombol “Publikasikan” untuk
mempublikasikan paket soal tersebut ke dalam daftar soal ujian semester yang
akan diacak untuk dikerjakan oleh siswa.
15. Setelah selesai membuat paket soal
yang dipublikasikan, klik tombol “Aktifkan Ujian Semester” jika Anda ingin
mengaktifkan Ujian Semester tersebut, sehingga Ujian Semester tersebut bisa
diikuti oleh siswa yang mendaftar Kelas Maya.
BAB 4 MENGAKSES SUMBER BELAJAR
Sumber
Belajar merupakan portal yang berisi daftar seluruh materi belajar yang
tersedia pada Aplikasi Rumah Belajar.
1. Untuk mengakses Sumber Belajar, klik
menu “Sumber Belajar”.
2. Halaman yang muncul adalah halaman
Sumber Belajar untuk mendapatkan contoh-contoh materi yang terdapat dalam
Sumber Belajar.
.
BAB 5 MENGELOLA PROFIL
Menu
Profil merupakan halaman yang berisi informasi umum mengenai identitas pengguna.
1. Klik tombol “Profil Saya” yang
terletak di bagian kanan atas.
2. Klik tombol “Ubah Profil” untuk mengubah
detail profil.
3. Klik tombol “Cari” untuk mengunggah
foto dari komputer Anda, lalu klik tombol “Unggah Foto”
4. Klik tombol “Simpan” untuk menyimpan
perubahan. jika anda memerlukan Bukunya Klik Disini
0 komentar:
Posting Komentar