Pages

Sabtu, 06 April 2019

Field Trip SDN Tegalwangi


SDN Tegalwangi Kecamatan Grogol Kota Cilegon Banten Sabtu, 06 April 2019 Melaksanakan Program kegiatan Pembelajaran Kontekstual dengan pendekatan Field Triip. Dengan Tujuan Medium Fatahilah Kota Tua Jakarta dan Taman Mini Indonesia Indah. Peserta yang mengikuti kegiatan Tersebut ada Siswa Kelas 4,5 dan 6 dan diikuti pula Beberapa Wali Murid Yang tergabung pada paguyuban Kelas. Dalam Kegiatan Tersebut di Koordinir oleh Guru Yakni Bu Hj Hiliya, Bu Yayah R dan Bu Hj Sarinten dan Guru yang lain sebagai pemandu pada tiap kelompoknya.

Seperti yang di Sampaikan oleh Bahrudin Selaku Kepala Sekolah,  Kegiatan Tersebut tidak Semata-mata untuk Belajar lebih dalam pada pembelajaran sehari hari di kelas dengan Menggunakan Kurikulum 2013 pada Tema Tertentu, Namun memberikan kesempatan kepada anak agar lebih tahu lebih Komprehensif akan apa yang didapat dari gurunya secara Kontekstual tidak hanya konseptual dan teoritis, Disana di tempat yang di tuju anak akan tahu lebih jelas dan lebih dalam.  Selain itu Pula siswa tidak hanya sekedar Belajar, Neraka sambil Hiburan dengan Karya wisata dan tentunya apa yang di dapat akan di konfirmasi pada pembelajaran di Sekolah..
Mengapa Harus SDN Tegalwangi Grogol Cilegon Field Trip ?
Pertanyaan ini yang biasanya timbul ketika sekolah berencana mengadakan kegiatan di luar baik itu ke dalam negeri maupun ke luar negeri.
Seringkali siswa jenuh dengan metode belajar di kelas karena yang didapat hanya teori. Namun, tidak tahu atau paham betul mengenai penerapannya di kehidupan nyata. Dengan field trip, siswa diajak untuk berpikir kreatif, memiliki pengalaman baru, serta dapat melihat dan mengetahui permasalahan secara langsung. Tidak itu saja, field trip juga terbukti mampu mengasah kemampuan teknis atau aplikasi di lapangan bagi siswa.
Terdapat teori 6M yang harus diterapkan guru saat pembelajaran, yaitu; mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta. Dengan diadakannya field trip, teori 6M dapat sekaligus diimplementasikan. Mahasiswa terjun langsung melihat permasalahan dan penerapan ilmu di kehidupan nyata baik kegiatan sehari-hari.
Manfaat Field Trip :
1. Merangsang minat mahasiswa
2. Memberikan pengertian lebih jelas terhadap pokok masalah
3. Mendorong siswa mengenal lingkungan lebih baik
4. Melatih bersikap objektif dan terbuka terhadap lingkungan
5. Memperluas wawasan dan informasi Meningkatkan kemampuan hidup bermasyarakat
6. Memberikan pengalaman nyata
7. Menanamkan sikap menghargai karya dan jasa orang lain
8. Meningkatkan pembendaharaan kata dan pengetahuan
Diantara banyaknya kelebihan field trip, tentu terdapat kelemahan dari field trip. Dengan banyaknya pilihan destinasi sesuai dengan mata pelajaran dan biaya yang bisa disesuaikan, sekolah akan lebih mudah untuk menentukan tujuan field tripnya.
Semoga dengan kegiatan Field Trip SDN Tegalwangi dapat meningkatkan kompetensi para siswanya dalam meraih Prestasi yang lebih baik dan yang terpenting adalah dapat memberikan rasa bangga orang tua akan hasil prestasi yang sudah di Raih oleh Siswa SDN Tegalwangi dalam mengikuti event dari berbagi tingkat. 
@bahrudin2019

0 komentar: